Kamis, 07 November 2013

Menangislah Bila Harus Menangis

Menangislah Bila Harus Menangis

88,8% orang merasa lebih baik setelah menangis.

Menangis berhubungan dengan banyak hal, seperti rasa kemanusiaan, kelemahan, hubungan kita dengan sesama, masalah, dan sebagainya. Banyak alasan yang bisa membuat manusia menangis, karena tingkatan emosi yang berbeda.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of South Florida, sekitar 88,8% orang merasa lebih baik setelah menangis. Hanya 8,4 yang mengalami keadaan sebaliknya.

Kita bisa meneteskan air mata karena rasa sakit, kesedihan, kehilangan, penderitaan, kemarahan, dan juga frustrasi. Di sisi lain, air mata kita bisa muncul karena cinta, sukacita, inspirasi, harapan atau kebaikan. Terlepas dari kedua sisi emosi tersebut, menangis bisa membuat kita merasa lebih baik.

Manfaat Menangis

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari menangis.

Menangis baik untuk kesehatan fisik dan emosional - Penelitian medis menunjukkan bahwa air mata bisa membantu mengeluarkan bahan kimia negatif dari tubuh. Selain melepas zat-zat beracun dari tubuh kita, menangis juga memiliki manfaat psikologis, yaitu memperbaiki suasana hati kita dan membantu kita untuk menghadapi situasi yang menyakitkan.

Menangis bisa mengurangi stres - Menangis dianggap mampu membantu mengurangi stres, yang dapat memiliki efek yang merusak kesehatan kita, termasuk sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe-2 dan obesitas. Menurut sebuah studi oleh Dr William H. Frey II, seorang ahli biokimia di Paul-Ramsey Medical Center St di Minnesota, menangis dapat membantu mengeluarkan bahan kimia yang berkaitan dengan stres dari tubuh kita. Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa kita merasa jauh lebih baik setelah menangis.

Menangis bisa membuat kita lebih terbuka - Air mata bisa mengubah pandangan kita, sehingga ia bisa lebih terbuka dan mau menerima pandangan orang lain. Kita menjadi sadar akan kelemahan kita, menjadi lebih rendah hati dan menerima.

Fakta via The Independent

Fakta4